Kelas VII semester 2
Topik : Tokoh Hebat dari Indonesia
Unit : Berbicara
SK : mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
KD : menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
Strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
Skenario pembelajaran:
1. Salam dan senyum ceria oleh guru
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengungkapkan kalimat motivasi yang diingatnya dari tokoh idola yang dipilihnya untuk memotivasi kelas.
3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran KD yang diambil
(Siswa sebelumnya sudah diberi tugas untuk mencari informasi tentang tokoh idola mereka dengan tema Tokoh Hebat dari Indonesia dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tokoh tersebut.)
4. Siswa dipersilahkan berkumpul dengan kelompoknya masing-masing
Kegiatan 1: tebak tokoh idola
Masing-masing kelompok mendiskusikan dan memilih satu tokoh untuk digunakan sebagai tokoh idola kelompok namun dirahasiakan dari kelompok lain.
Satu orang perwakilan kelompok maju dan memberi petunjuk berupa kotak-kotak kosong sejumlah huruf nama tokoh idola.
Setiap anggota kelompok lainnya bergiliran mendiskripsikan tokohnya kelompok lain bertugas menebak tokoh tersebut
Kegiatan 2: tebak berantai
Setiap kelompok memberikan tebakan pada kelompok lain
Kelompok yang berhasil menebak mendapat satu poin dan mendapat giliran maju untuk mengisahkan tokohnya.
Jika yang berhasil menebak adalah kelompok yang sama dan telah maju, maka yang berhak maju selanjutnya adalah kelompok yang belum maju.
Kegiatan 3: Refleksi kegiatan
Setelah kegiatan di atas selesai, guru menjelaskan tentang banyaknya tokoh-tokoh hebat dari Indonesia. Banyak sifat-sifat yang patut dicontoh dari tokoh-tokoh tersebut misalnya nasionalisme, patriotisme, kerja keras, jujur, dll.
Guru menanyakan kepada siswa adakah tokoh yang mereka pilih mewakili sifat-sifat positif yang telah disebutkan. Jika ada, siswa tersebut dipersilahkan untuk menceritakan tokoh idolanya dengan berdiri di tempatnya masing-masing. Maksimal tiga orang siswa.
Guru menanyakan pada siswa apakah siswa mendapatkan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang baru dilaksanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomen untuk Kemajuan